Pertamina Patra Niaga Tambah 15 Posko Keluhan BBM di Jawa Timur

PEMERINTAHAN31 Dilihat

PARLEMENTARIA.ID – PT Pertamina Patra Niaga (PPN) memperluas layanan pengaduan masyarakat dengan menambah titik posko penanganan keluhan menjadi 15 lokasi di wilayah Jawa Timur. Ini demi memastikan setiap laporan masyarakat dapat ditindaklanjuti secara cepat dan terukur, menyusul munculnya keluhan terkait gangguan mesin kendaraan usai pengisian bahan bakar jenis Pertalite.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus), Ahad Rahedi, menjelaskan posko tersebut bagian dari mekanisme pelayanan terbuka yang disiapkan untuk memastikan proses investigasi berjalan menyeluruh. Penambahan dilakukan dari tiga titik awal menjadi lima belas titik posko yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban.

“Prioritas utama kami adalah menjamin keamanan suplai serta mutu produk BBM yang diterima masyarakat sesuai regulasi yang berlaku. Setiap tahapan distribusi dilakukan berdasarkan standar yang telah ditetapkan untuk memastikan kualitas produk tetap terjaga,” ujar Ahad di Surabaya, dikutip Kamis (30/10/2025).

Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan sistem pelaporan berjenjang bagi para pengguna. Masyarakat bisa langsung melaporkan ke petugas SPBU dengan menyertakan bukti pembelian untuk diisi dalam formulir keluhan resmi. Jika ditemukan tanda-tanda kerusakan kendaraan akibat bahan bakar, konsumen akan dialihkan ke bengkel resmi yang ditunjuk oleh Pertamina untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan.

Tim lapangan kemudian akan meneruskan laporan ke wilayah operasional terkait agar dapat segera dilakukan pemeriksaan mutu dan kuantitas BBM di lokasi. Prosedur ini menjadi bagian penting dari langkah investigatif yang kini sedang berjalan di seluruh area terdampak.

Sebagai bagian dari proses verifikasi teknis, Pertamina Patra Niaga telah melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap produk Pertalite dari Terminal BBM Tuban dan Terminal BBM Surabaya, dua titik suplai utama untuk wilayah Jawa Timur. Hasilnya, bahan bakar dinyatakan on spec atau memenuhi spesifikasi mutu yang berlaku.

“Saat ini sedang berjalan investigasi lanjutan untuk pengecekan Quality and Quantity di tingkat SPBU sebagai titik distribusi akhir kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kualitas dan kesesuaian produk sampai di tangan konsumen,” kata Ahad.

Pertamina juga membuka kanal pelaporan tambahan bagi masyarakat di luar lokasi posko melalui SPBU terakhir tempat pembelian bahan bakar, atau melalui Pertamina Contact Center 135, email pcc135@pertamina.com, dan pesan langsung ke akun Instagram @pertamina.135.

Langkah-langkah pelaporan yang dapat dilakukan konsumen adalah sebagai berikut :

  1. Melaporkan kejadian kepada petugas SPBU di lokasi yang sama dengan menujukkan bukti transaksi (struk pembelian BBM).
  2. Petugas mengarahkan untuk mengisi Form Pengaduan Konsumen yang mencatat kronologi serta kondisi kendaraan.
  3. Konsumen diminta memberikan data diri dan kontak yang dapat dihubungi untuk proses tindak lanjut. Jika ditemukan indikasi kerusakan kendaraan akibat BBM bermasalah, konsumen akan diarahkan ke bengkel resmi yang ditunjuk oleh Pertamina untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Pihak Pertamina akan mengganti biaya perbaikan kendaraan yang terdampak.
  4. Laporan resmi akan diteruskan oleh pengelola SPBU kepada tim Pertamina Patra Niaga wilayah terkait untuk ditindaklanjuti.

15 Posko Layanan Keluhan Konsumen

Surabaya

1. SPBU 5460146

Jl. Arif Rahman Hakim No. 150, Surabaya

2. SPBU 5460179

Jl. Kayoon No. 48, Surabaya

3. SPBU 5460134

Jl. Wonorejo 1, Manukan Kulon, Tandes, Surabaya

4. SPBU 54601107

Jl. Kebonsari Tengah No. 64-66, Surabaya

Kab. Sidoarjo

1. SPBU 5461209

Jl. Letjen Sutoyo No. 129 Medaeng, Waru, Sidoarjo (Bungurasih)

2. SPBU 5461255

Jl. Raya Tropodo No. 9, Waru, Sidoarjo

3. SPBU 5461236

Jl. Jenggolo No. 33, Sidoarjo

4. SPBU 5461253

Jalan Gubernur Sunandar Priyo Sudarmo Nomor 3-5, Kraton, Kecamatan Krian, Sidoarjo

Kab Lamongan

1. SPBU 5462215

Jl. Raya Mantup, Kedung Sumber, Sumberdadi, Kec. Mantup, Lamongan

2. ⁠SPBU 5462208

Jl. Sunan Drajat, Kaloharjo, Sidoharjo, Kec. Lamongan, Lamongan

Kab. Gresik

1. SPBU 5461104

Jl. Veteran No.2, Injen Timur, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Gresik

2. SPBU 5461101

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Karangturi, Kebomas, Kec. Gresik, Gresik

Kab. Bojonegoro

1. SPBU 5462101

Jl. MT. Haryono, Jetak, Kec. Bojonegoro, Bojonegoro,

2. ⁠SPBU 5462106

Jl. Sawunggaling, Kadipaten, Ngrowo, Kec. Bojonegoro, Bojonegoro

Kab. Tuban

1. SPBU 5462305

Jalan Buntu Nomor 10, Wire, Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban

Untuk wilayah lain yang terkena dampak, selain lokasi posko di atas, dapat menghubungi SPBU terakhir tempat pembelian bahan bakar minyak, atau bisa menghubungi melalui Pertamina Contact Center dengan memilih saluran berikut:

  • Call Center 135
  • Email pcc135@pertamina.com
  • DM Instagram @pertamina.135